Jumat, 16 Juni 2017

Materi Ajar Teks Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar - Dra. Main Sufanti, M.Hum., dkk

 
Penulis
Dra. Main Sufanti, M.Hum., Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum,, Sugeng Riyanto, S.Pd., M.Pd., Tri Haryanti, S.Pd., Sukron Adzim, S.Pd., Dwi Susanti, S.Pd.
Ukuran : 14.5 x 20,5 cm
Isi : 160 halaman kertas HVS 70 gram
Cetakan I, 2017
Genre : Buku Ajat
ISBN: 978-602-0947-61-7
 
 
Maksud Buku
Buku ini hadir terdorong oleh adanya kebutuhan yang lahir dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pemberlakuan kurikulum baru sebagai pengganti kurikulum KTSP. Munculnya, Kurikulum 2013 membawa konsekuensi adanya berbagai pembaharuan. Pembelajaran bahasa Indonesia dengan demikian memerlukan pemahaman ulang oleh berbagai pihak. Dosen di LPTK, mahasiswa calon guru, dan para guru  perlu  menyambut kebijakan baru tersebut. 
Buku ini hadir  sebagai usaha memahami materi ajar bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013. Berbagai sajian mengenai teks yang diajarkan di SD, diharapkan terjadi penyamakan persepsi dari berbagai kalangan tersebut dalam menyambut kurikulum tersebut.  
Buku ini terutama ditujukan kepada dosen di progdi PGSD, mahasiswa PGSD, dan para guru di SD. Bagi dosen buku ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber pengelolaan perkuliahan yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Buku ini dapat digunakan sebagai media penyamaan  persepsi antar dosen pengajar mata kuliah yang sama. Bagi mahasiswa buku ini menjadi referensi untuk memahami materi ajar bahasa Indonesia di SD yang dikaitkan dengan mata pelajaran lain. Adapun bagi guru, buku ini  dapat dijadikan referensi untuk memahami materi  ajar Bahasa Indonesia  dengan segala pembaharuannya dalam Kurikulum 2013. Di samping itu, buku ini juga dapat dijadikan alternatif  materi ajar bahasa Indonesia yang memperkaya pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
Kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi adalah buku yang dapat digunakan sebagai referensi perkuliahan pada mata kuliah-mata kuliah pembelajaran bahasa Indonesia. Selama ini, referensi yang ada berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) itu pun sulit dicari. Kelangkaan referensi ini sering berakibat pada kekuranglengkapan isi mata kuliah yang belum sesuai dengan silabus yang telah digariskan oleh universitas. Padahal mata kuliah ini membekali para mahasiswa untuk menjadi guru di SD.  Buku ini dapat digunakan dosen dan mahasiswa sebagai pelengkap referensi sehingga isi mata kuliah sesuai dengan isi silabus yang digariskan oleh universitas.
Kebutuhan mendesak selanjutnya adalah memberi pemahaman kepada guru-guru SD bahwa pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013 memiliki karakter dan ciri khas yang berbeda dengan pembelajaran bahasa Indonesia ber-Kurikulum KTSP. Munculnya kebijakan pemerintah tentang inovasi pembelajaran perlu dijelaskan dan diberi contoh mengenai cara pengaplikasiannya.
 

Tidak ada komentar: