Rabu, 10 Oktober 2012

Kisah Cinta Terlarang Paling Dikenang Sepanjang Masa, review Mezza Hafizhah Nirwanto


Penulis : Anton WP

Desain cover : Satriya Adhi

Layout isi : Yudhi Herwibowo

Penerbit : bukuKatta

ISBN : 978-979-1032-75-9

Cetakan Pertama : 2012

Tebal : 128 hlm


Semua orang pernah jatuh cinta, itu artinya semua orang punya kisah tentang cinta. Namun kisah cinta dari masing-masing orang tentunya berbeda. Awal pertemuan yang berbeda, dan akhir yang juga berbeda. Namun yang sama dari semua cinta adalah pengaruhnya yang menggetarkan jiwa dan dahsyat luar biasa. Pengaruh cinta inilah yang membuat lahirnya cinta dengan label "terlarang". Karena cinta memang memaksa untuk diperjuangkan dan menentang penghalang tanpa menghiraukan keselamatan.

Buku ini membahas tentang cinta dengan label yang saya sebutkan di atas. Sebuah jenis cinta yang memaksa memori kita untuk menerima bahwa cinta memang punya kuasa.

Pyramus dan Thisbe
Kisah pertama muncul dari dua remaja yang semenjak kecil bersahabat erat. Mereka adalah Pyramus dan Thisbe. Namun benih-benih cinta yang tumbuh itu harus tersadar akan takdir yang ada dihadapan mereka. Sebuah takdir yang menghalangi cinta mereka. Orang tua keduanya bermusuhan sejak lama. Permusuhan itu sudah terjadi secara turun temurun di antara keluarga mereka. Lewat lubang kecil di temboklah cara mereka menepis rindu yang menggelayut dalam jiwa. Mereka berusaha bersatu, namun takdir berkata tak bisa dengan mengirimkan seekor singa.

Paris dan Helen
Seorang pemuda bernama Paris yang berasal dari Troya ditugaskan untuk menjadi duta besar di Sparta. Sejak kedatangannya di Sparta, ia amat terpesona dengan kecantikan Helen, istri Menelaus raja Sparta yang digadang-gadangkan sebagai titisan Dewi Aphrodite dan wanita tercantik di dunia saat itu. Karena cinta terlarang diantara keduanya itulah timbul sebuah perang besar antara Kerajaan Troya dan Sparta. Namun kedua raga yang saling mencinta itu tak jua bisa bersatu dan hidup bahagia.

Tristan dan Isolde
Akibat pertaruangan hidup dan mati melawan seorang duke dari Irlandia bernama Morholt, Tristan harus mengalami luka pedang yang membuatnya mati secara perlahan. Morholt bilang luka itu hanya bisa disembuhkan oleh Isolde, keponakannya, putri dari Raja Anguin. Dengan kepiawaiannya bermain harpa, Tristan menyamar menjadi Tantris yang akhirnya diangkat menjadi guru bermain harpa Isolde. Isolde bersedia mengobati luka Tristan. Isolde tidak mengetahui bahwa orang yang dia tolong adalah pembuhuh pamannya. Benih-benih yang timbul dari hati mereka nyatanya lebih berkuasa dibandingkan dengan dendam yang tertanam di hati Isolde. Namun takdir selalu berkata lain. Sampai akhir hayat, mereka tak bisa bersatu.

Lancelot dan Guinevere
Loncelot du Lac, seorang Ksatria Meja Bundar yang mulai sadar bahwa ia mencintai permaisuri Raja Arthur, raja dari Camelot yang bernama Guinevere. Keduanya sering memadu kasih ketika Raja Arthur tidak berada di Camelot. Taktik yang licik semakin memberi bumbu pada kisah dua insan ini. Namun pada akhirnya mereka memutuskan untuk saling menutup hati.

Paolo dan Francesca
Setelah bertahun-tahun bermusuhan akhirnya Guido da Polenta sang penguasa Ravenna, ayah Francesca menandatangai perjanjian damai dengan Malatesta da Veracchio penguasa Rimini. Ayah Francesca bersama penasihatnya mempunyai ide untuk menjodohkan Francesca dengan Giovanni, pewaris Malatesta agar hubungan dari kedua kerajaan semakin erat. Karena Giovanni buruk rupa, akhirnya ia mengutus adiknya Paolo untuk melamar Francesca dan mewakilinya menikah. Namun dalam hati Paolo merasa tidak rela bila Francesca jatuh ketangan kakaknya. Mereka berdua pun melakukan hubungan terlarang. Gejolak cinta membawa mereka pada kisah yang lagi-lagi berujung kematian.

Romeo dan Juliet
Perseteruan dua keluarga yakni Montague dan Capulet tak menyurutkan niat Romeo untuk menyatakan cintanya pada Juliet yang ternyata diam-diam juga menyukainya. Namun Juliet bagai disambar petir ketika ayahnya berkata bahwa ia akan dinikahkan dengan Count Paris. Perjuangan demi perjuangan dilakukan keduanya agar bisa menyatukan cinta mereka. Dalam buku ini, kisah ini adalah kisah pertama yang saya lihat dalam bentuk filmnya. Sangat tragis dan mengharukan.

Ada beberapa kisah yang memang baru pertama kali saya ketahui. Namun penulis bisa menerangkan kisah tersebut dengan ringkas, sehingga mudah dipahami inti peristiwa dari masing-masing cerita. Sebenarnya masih ada banyak kisah cinta terlarang yang terkenang di benak saya, namun sayangnya tidak ada di buku ini. Tapi dari keenam kisah ini kita sudah dapat mengambil kesimpulan bahwa betapa hebatnya pengaruh cinta itu dalam kehidupan manusia.

Ini semua akhirnya bukan hanya semata-mata tentang cinta, namun juga tentang kesetiaan pada sebuah pilihan dan membuka pandangan kita tentang makna cinta itu sendiri. (hlm 4)

Tidak ada komentar: