Jumat, 14 September 2012

Kisah-Kisah Cinta Terlarang Paling Dikenang Sepanjang Masa, review Dion Yulianto

Judul   : Kisah-Kisah Cinta Terlarang Paling Dikenang Sepanjang Masa
Penulis  : Anton WP
Layout isi : Yudhi Herwibowo
Penerbit : bukuKatta
Cetakan Pertama : 2012

Kisah cinta, apa pun wujud dan penghujungnya, adalah salah satu dari ragam kisah cerita yang selalu dicari dan diperdengarkan ulang dalam panggung perjalanan sejarah. Pertautan antara dua hati dan dua kasih, yang diikuti dengan pertautan segala apa yang sebelumnya menyertai masing-masing dari keduanya, adalah salah satu elemen yang turut memperindah dunia fana ini. Pun, tidak selalu kedua hati mampu terpaut serasi tanpa dihalangi. Berbagai tempat dan peradaban di penjuru dunia diwarnai oleh aneka kisah cinta tak sampai, kisah cinta yang tak direstui dengan berbagai alasan. Ketika cinta itu menjadi terlarang (atau dilarang), bukan berarti keindahan dan kemolekannya turut menghitam. Alih-alih, sejumlah pasangan pecinta yang menjalani kisah terlarang itu mampu membuktikan kisahnya sebagai salah satu dari kisah-kisah teragung dan paling dikenal di dunia.
 
Anton WP, penulis yang produktif ini kembali membuktikan kepiawaianya mengolah kata dalam buku kumpulan kisah cinta tak sampai ini. Kisah-kisah besar ditata dan diceritakan ulang, dengan bahasa tulis yang tak kalah mendayu-dayu, menghasilkan untaian enam kisah cinta yang begitu menyadarkan benak pembaca akan besarnya kekuatan cinta. Walaupun tipis dan sederhana, buku ini mampu membawa pembaca dalam romantisme kisah cinta yang sempat mewarnai jalannya panggung dunia.
1. Pyramus dan Thisbe
            Bersetting di masa pebangunan Menara Babel di negeri Babilonia, kedua insan dari keluarga yang bermusuhan ini tidak mampu menolak hasrat cinta yang timbul antara keduanya. Apa daya, kedua pihak orang tua tidak suka dan berupaya memutuskan jalinan cinta kasih mereka. Hanya sebuah tragedi, yang seharusnya hanyalah karena waktu yang tak tepat, yang bisa menyatukan keduanya di penghujung hidupnya.
2. Paris dan Helen
            Paris dari Troya mencintai Helen, yang adalah permaisuri dari Raja Sparta. Kecantikannya membuat ia alpa dan nekat “menculik” Helen ke Troya. Keduanya memang saling jatuh cinta, tapi apa daya ikatan itu memang tak seharusnya ada. Takdir besar pun terjadi berawal dari kisah keduanya, sebuah perang besar kolosal yang mengoyak dan akhirnya meruntuhkan kejayaan Sparta. Karena wanita, runtuhlah sebuah kerajaan raksasa. Karena wanita pula, muncul cerita kolosal tentang Perang Troya dan Taktik Kuda Troya nan legendaris itu.
3. Tristan dan Isolde
            Tristan, putra dari seorang bangsawan, jatuh cinta pada Isolde—putri dari bangswan lainnya. Tristan terluka oleh racun yang ditorehkan oleh Paman Isolde saat ia mengalahkannya dalam duel. Hanya Isolde yang mampu menyembuhkan racun di tubuh Tristan, dan ternyata Isolde pula yang mampu menyembuhkan kegersangan hati sang pangeran. Keduanya saling jatuh cinta, padahal Isolde telah dipinang Raja Mark. Intrik dan siasat jelek pun mengotori kesucian cinta mereka, hingga akhirnya, keduanya hanya bisa dipersatukan dalam alam lainnya lewat sebuah tragedi yang bakal dikenang para pecinta sepanjang masa.
4. Lancelot dan Guinevere
            Lancelot, salah satu dari Ksatria Meja Bundar jatuh cinta kepada Guinevere, istri dari raja Arthur. Percintaan mereka yang sebenarnya suci akhirnya dinodai oleh mata jahat Modred, keponakan Arthur yang culas. Terkuaklah hubungan terlarang di antara keduanya. Hingga, akhirnya, untuk menghindari tragedi yang menjelang, kedua pecinta harus merelakan dirinya berpisah satu sama lain.
5. Paolo dan Francesca
            Sebuah kisah yang jarang dikenal, padahal begitu mewakili dahsyatnya kekuatan cinta. Mungkin, inilah kisah cinta jarak jauh (long distance relationship) pertama yang dicatat dalam ranah cerita cinta dunia. Keduanya dipertemukan dalam pernikahan yang penuh tipu daya, di mana sang pengantin pria sebenarnya wakil dari kakaknya yang seorang raja. Apa daya, keduanya jatuh cinta, membuat marah sang raja nan berhati angkara. Percintaan dan perselingkuhan pun tak terhindarkan, dan Paolo harus menghadapi duel maut untuk mempertahunkan cintanya pada kekasih hatinya.
6. Romeo dan Juliet
            Pembaca pasti sudah sering membaca tentang kisah cinta (dari Barat) yang dikatakan paling agung sepanjang masa ini. Seorang pemuda jatuh cinta pada anak gadis dari keluarga musuhnya. Hubungan mereka segera mendapatkan cobaan begitu rupa sehingga sebuah rencana pun disusun untuk mengakalinya. Sayangnya, rencana indah itu berujung tragedi dengan tewasnya kedua pecinta. Mungkin, tragedi itu memang harus ada, untuk menyatukan kedua keluarga yang telah bermusuhan sejak zaman dulu kala.
 
Kadang, kekuatan cinta memang begitu luar biasa dalam mengubah dunia. Namun, cinta juga menuntut pengorbanan yang begitu rupa. Bagi para pecinta sejati, seperti mereka yang dikisahkan dalam buku ini, tidak ada yang salah ketika seseorang berkorban demi cinta. Oh, cinta, engkau memperindah dunia, tapi juga sering kali membuat galau hati manusia.
 
 
http://dionyulianto.blogspot.com/2012/07/kisah-kisah-cinta-terlarang-paling.html

Tidak ada komentar: