Kamis, 29 Juli 2010

Olympus: Kisah dari Negeri Para Dewa, Resensi Rinurbad

Satu hal yang saya ingat benar dari mata kuliah Mitologi Yunani dahulu adalah betapa mata keranjangnya Zeus. Ia tidak peduli anak-anak dan istrinya yang banyak itu dicemburui Hera sehingga selalu berada dalam bahaya, contohnya Hercules, sebagaimana dikisahkan dalam film seri yang dibintangi Kevin Sorbo. Ketika membaca buku ini, baru terungkap bahwa Hera sebenarnya saudara Zeus sendiri.

Mitologi, sebagaimana halnya dongeng, memikat untuk diikuti sekaligus agak sukar menuntaskannya secara cepat sebab banyak tokoh terlibat dan banyak nama yang harus diingat. Alangkah memudahkannya apabila buku ini dilengkapi dengan silsilah.
Penulis berusaha menghadirkan setiap cerita dengan gaya ala fiksi, disertai dialog-dialog. Namun ada kalanya itu tidak terlalu diperlukan, karena setiap cerita sudah cukup padat dan narasinya jelas. Ini salah satu dialog yang tidak akan mengganggu kenikmatan baca bila dihilangkan atau diubah menjadi narasi pendek saja:
"Hai," sapa Zeus. (hal. 11)
Beberapa temuan dari buku ini ialah:
1. Pandora diciptakan sebagai manusia perempuan pertama selaku 'hukuman' yang menggoda kaum lelaki dengan keindahan dan keelokan fisiknya.
2. Raja Midas membenci emas dan hidup yang mewah
3. Pohon salam berasal dari Daphne, anak Dewa Sungai, yang diubah menjadi pohon demi keselamatannya
Kisah yang paling panjang, selain Paris dan perang Troy, adalah petualangan Odysseus yang juga sudah diangkat dalam berbagai karya. Buku berspasi rapat ini cocok untuk dijadikan rujukan mengenai mitologi Yunani, dan akan lebih baik lagi bila disertai daftar pustaka di belakangnya.

dicuplik dari: http://rinurbad.multiply.com/reviews/item/447

Tidak ada komentar: