Senin, 14 Juni 2010

Izanagi x Izanami, kisah dewa-dewi dari negeri matahari

Penulis : Anton WP.
ukuran : 15 x 23 cm
isi : 96 halaman book paper finland 57,5 gr
Rp. 23.000
Cetakan I, 2010
Genre : mitologi / fantasi
ISBN : 978-979-1032-37-7


“Kenapa kau menangis?” tanya Izanagi heran, “ikutlah denganku, negeri yang kita bangun belum selesai.”
“Aku...aku tak bisa meninggalkan tempat ini,” sahut Izanami sambil terus meneteskan air mata.
“Kenapa?”
“Kau terlambat datang! Aku terlanjur memakan makanan Negeri Yomi. Barang siapa yang memakan makanan negeri ini, ia tak bisa keluar dari sini!”
- Izanagi dan Izanami


Mitologi adalah sebuah kisah simbolis. Buku ini mengisahkan mitologi Jepang yang bersumber dari sumber kuno, Kojiki dan Nihongi. Dimulai dengan kisah awal mula kehidupan hingga berdirinya kekaisaran di Negeri Matahari Terbit ini.
Kekaisaran Jepang setelah melintasi masa dua puluh enam abad lebih tetap berdiri dan sanggup bertahan dari masa ke masa. Walaupun telah menjadi negara maju dan hebat dalam teknologi namun masyarakat Jepang masih memegang adat dan tradisi dari para leluhur mereka.
Kisah-kisah mitologi diperkenalkan kembali melalui berbagai media populer seperti komik dan animasi. Dalam komik dan animasi terkenal Naruto ditampilkan pedang legendaris Kusanagi yang berasal dari kisah mitologi. Amaterasu, Susanou dan Tsukiyomi yang menjadi nama jurus-jurus milik Itachi dalam komik Naruto adalah nama tiga dewa dalam mitologi.
Begitu pula monster ular berkepala dan berekor delapan yang keluar dari tubuh Sasuke ketika bertarung melawan Itachi terinspirasi oleh Yamata No Orochi, naga berkepala dan berekor delapan.
Kisah dari negeri matahari ini kisah yang akan selalu diceritakan kembali dan terus bersinar...

****

Tidak ada komentar: