Rabu, 21 April 2010

Kisah dari Negeri Para Dewa, Resensi Noviane Asmara

Olympus, Kisah dari Negeri para Dewa
Penulis : Anton WP
ISBN : 978-979-103-221-6
Tebal : 244 Halaman
Cover : Soft Cover
Kategori : Fantasi
Penerbit : Bukukatta
Terbit : Januari 2010

Buku ini setidaknya mewakili rasa penasaranku terhadap cerita Mitologi Dewa Yunani yang terkenal itu, walaupun sudah banyak dimuat atau disinggung didalam film ataupun dalam buku-buku cerita lainnya, tetapi membaca cerita Mitologi Yunani ini, tidak pernah membuatku bosan.

Buku Olympus ini berisi aneka ragam cerita mengenai para Dewa dan Dewi Yunani. Dimulai sejak Chaos yang menciptakan Nyx sang dewi malam untuk menemaninya hingga seorang gadis Ilia yang merupakan keturunan Silvius, memiliki anak kembar Remus dan Romulus hasil hubungannya dengan dewa Ares.

Dalam sebuah pertengkaran, Romulus membunuh Remus. Ia lalu mendirikan kota Roma. Ini merupakan awal dari sebuah kerajaan besar bernama Romawi dan akhir cerita dari negeri dewa-dewi.

Di buku ini beraneka ragam cerita bisa kita temui. Mulai dari asal kelahiran Zeus, yang dianggap bapak para dewa. Zeus nyaris tidak lahir dan menjadi korban kekejaman ayahnya Cronus. Cronus takut akan ramalan yang mengatakan bahwa anaknya akan membunuhnya. Untuk itu, setiap anaknya lahir, maka ia akan segera menelannya. Rhea sang ibu melahirkan Zeus sebagai anak keenam dan menitipkannya ke dua peri yang disebut Gaia.

Dengan tipu daya yang cerdik, Rhea akhirnya bisa membebaskan kelima anaknya yang lain dari perut Cronus dalam keadaan hidup. Zeus mengajak saudaranya untuk tinggal di Pegunungan Ida.

Lima Saudaranya diberi nama Hestia, Hera, Demeter, Poseidon dan hades. Mereka bertekap menjatuhkan Cronus dari tahtanya dan menciptakan kedamaian di alam semesta. Setelah bertempuran yang lama tanpa menunjukkan titik akhir, mereka sepakat untuk mebebaskan para saudara Cronus yang dipenjara.

Dengan bantuan para paman, Zeus dan teman-temannya mampu mebebaskan ibu mereka Rhea dan mengalahkan Cronus. Kilatan petir dari senjatan Zeus mengarah langsung ke tubuh Cronus membuatnya tersengat dan tubuhnya terguncang hebat hingga senjatanya terlepas.

Para musuh ditahan dan kemenangan Zeus disambut sorak-sorai para pendukungnya, Khusus untuk Atlas sebagai kepala pasukan musuh, mendapat hukuman memanggul sebuah bola berat yang konon adalah bumi. Menurut cerita mitologi, setiap kali Atlas bergerak mereganggkan ototnya maka terjadi gempa di bumi yang dipanggulnya.

Untuk penderitaan Atlas tidak berlangsung lama. Kelak seseorang yang berhasil memenggal kepala Medusa, telah berbaik hati mengijinkan Atlas untuk melihatnya hingga ia berubah menjadi batu dan tak perlu menanggung siksa memanggung bumi lagi selamanya.

Dikisahkan juga mengenai wanita pertama di bumi, Pandora. Sebutan Kotak Pandora sering kita dengar, namun belum tentu ada yang mengerti bagaimana kisah itu sebenarnya.

Semuanya dimulai dari niat Zeus untuk membuat mahluk yang menyerupai para dewa namun dengan kemampuan yang berbeda.. Tentunya juga bisa mati. Diperintahkannya dibuat model mahluk tersebut dari tanah liat. Lalu Athena, anak gadisnya diperintahkan untuk meniupkan nafas kehidupan. Makhluk itu diberi nama manusia. Semuanya berjenis kelamin laki-laki dan ditaruh di bumi.

Zeus memerintahkan manusia memberikan persembahan sebagai hukuman atas kelancangan mereka memakai api yang semula hanya diperuntukan untuk para dewa. Namun ternyata persembahan tersebut juga dimuat dengan tidak seharusnya. Sebagai hukuman, maka Zeus menciptakan manusia perempuan pertama yang diberi nama Pandora, yang berarti pemberian dari semua.

Suatu saat pandora yang sudah menikah dengan manusia bernama Epimetheus mendapat kunjungan salah satu Dewa. Sang Dewa meminta Pandora untuk menyerahkan sebuah kotak kayu yang tidak begitu besar namun berat ke suaminya dengan pesan untuk tidak membukanya.

Namun rupanya Pandora merasa penasaran dan ia membuka kotak itu. Dari dalamnya keluarlah berbagai makhluk kecil bersayap hitam yang menyegat Pandora dan Epimetheus. Dan untuk pertama kalinya mereka bertengkar!

Ternyata kotak itu berisi aneka macam bibit keburukan, penyakit, penderitaan dan kemalangan. Untungnya di dalam kotak masih ada makhluk kecil bersayap putih yang ternyata adalah harapan.

Makhluk itu terbang keluar rumah dan akan menjalankan tugasnya mengobati segala macam keburukan, penyakit, kejahatan, penderitaan dan kemalangan yang menimpa umat manusia.

Masih banyak kisah yang lainnya, sepertinya anda harus membaca sendiri. Dari sekian banyak cerita yang ada, pastilah ada cerita yang sudah tidak asing lagi buat anda, enatah karena dibuat film ataupun cerita dalam bentuk lainnya. Jangan ragu menentukan mana cerita favorit anda, karena ini hanya sekedar cerita .

*****

http://www.facebook.com/notes/noviane-asmara/serunya-berwisata-ke-negeri-para-dewa-dewi/380965615753

Tidak ada komentar: